Kemeriahan Rasulan Desa Kemadang.

14 Juli 2016 22:04:43 WIB

Kemadang ( SID ) - Pada tahun 2016 ini, acara bersih desa ( rasul ) desa kemadang jatub pada tanggal 13 juli 2016. Kegiatan bersih desa di kemadang selalu dilaksanakan pada hari Rabu Wage. Acara bersih desa selalu diadak  pawai bergodo yang diikuti oleh 7 padukuhan. Antara lain Karanglor 2, Karanglor 1, Nglaos,Ngasem,Pucung, Tenggang dan Ngelo. Start pawai bergodo dimulai dari dusun Pucung, dan berakhir di Balai Desa. 

Sesampai rombongan bergodo di Balai Desa,kemudian diadakan kenduri antara bergodo dan para sesepuh Desa Kemadang. Setelah kenduri selesai para bergodo yang tadinya membawa gunungan beserta isinya kemudian membagiakan nasi uduk ke dalam wadah yang disebut dengan kiso. Setelah nasi uduk dibagikan kemudian para bergodo bergegas kembali pulang dengan membawa gunungan tersebut.

Acara dilanjutkan dengan menampilkan kesenian tradisional. Setiap padukuhan wajib menampilkan satu kesenian daerah. Antara lain Ngelo menampilkan rombongan prajurit. 

Pertunjukan diawali dengan penampilan wong ireng dari dusun Ngasem. Kedua,reog yang berasal dari dusun Nglaos, ketiga doger dari pucung yaitu jaranan putih. Keempat, penampilan doger eblek dari Karanglor 1, kelima doger dari Karanglor 2, dan terakhir ditutup dengan gimbal dari dusun Tenggang. Pada malam puncak di balai desa Kemadang menampilkan wayang kulit semalam suntuk. ( n/y )

 

Komentar atas Kemeriahan Rasulan Desa Kemadang.

Toni Sukardiyanto 16 Juli 2016 10:11:00 WIB
Makin di tingkatkan pak untuk websitenya. Dan terus mengupdate informasi desa kemadang agar dunia luar tau dan makin penasaran untuk datang ke desa kemadang khususnya di dunia wisata pantainya.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Kemadang

tampilkan dalam peta lebih besar