MARI LESTARIKAN TRADISI "GUMREGAN"

//ind 21 Juni 2019 09:38:42 WIB

KEMADANG (SIDA) –  Ragam kebudayaan,adat dan tradisi nusantara memang  tidak pernah ada habisnya. Salahsatunya adalah sebuah tradisi yang ada di daerah Gunungkidul yaitu Tradisi “Gumregan” atau ulangtahun hewan ternak. Beberapa desa yang masih menjaga tradisi tersebut salahsatunya desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul.

Gumregan merupakan sebuah tradisi yang sudah ada sejak jaman dahulu, yang merupakan symbol dari perwujudan rasa syukur kepada Tuhan atas pemberian ternak yang sehat yaitu sapi, karena sapi mempunyai kedudukan yang sangat penting bagi warga yang khususnya bertani.

Kamis (20/06/2019) beberapa padukuhan di Desa Kemadang menggelar acara kenduri gumregan, kenduri tersebut dihadiri oleh seluruh warga yang mempunyai hewan ternak dan juga anak-anak yang ingin menyaksikan secara langsung kenduri. Selain berdoa bersama kenduri diisi dengan makan bersama, dimana setiap warga membawa hasil olahan berupa ketupat, jadah dan pulo jagung . Sebelum berangkat kenduri biasanya warga juga memberikan sebagian olahan makanan tersebut kepada ternak-ternak mereka.

Gumregan Ini adalah sebuah kebudayaan, tradisi yang memang harus dijaga karena memang setiap orang mempunyai cara masing-masing untuk menyampaikan wujud syukur kepada tuhan salahsatunya dengan menjaga tradisi agar nantinya anak cucu dimasa depan tetap dapat menikmatinya, tentunya dengan tidak mengesampingkan ibadah dan doa.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Kemadang

tampilkan dalam peta lebih besar